Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul
Bahan ajar dapat diartikan bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara lengkap dan sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. berbicara tentang modul bisa dikatakan sudah tidak bukan bahan yang yang baru bagi seorang guru. Modul merupakan suatu paket belajar yang berkenan dengan satu unit bahan pelajaran. dengan modul siswa dapat mencapai dan menyelesaikan bahan belajarnya dengan belajar secara individual. Peserta belajar tidak dapat melanjutkan ke suatu unit pelajaran berikutnya sebelum menyelesaikan secara tuntas materi belajarnya.
Karakteristik Modul
prinsip-prinsip Desain pembelajaran yang berorientasi kepada tujuan (objective model).
- prinsip belajar mandiri
- Prinsip belajar maju berkelanjutan.( continuous progress).
- penataan materi secara modular yang utuh dan lengkap (self contained).
- Prinsip rujuk silang (cross referencing) antar modul dalam mata pelajaran.
- penilaian belajar mandiri terhadap kemajuan belajar (self-evaluation)
Ciri-ciri dengan pembelajaran berbasis modul
- Bersifat self instructional.
- pengakuan atas perbedaan-perbedaan individual.
- memuat rumusan tujuan pembelajaran/kompetensi dasar secara eksplisit.
- adanya asosiasi, struktur, dan urutan pengetahuan.
- penggunaan berbagai macam media (multi media)
- partisipasi aktif dari siswa.
- adanya reinforcement langsung terhadap respon siswa.
- adanya evaluasi terhadap penguasaan siswa atas hasil belajarnya.
Contoh Tampilan Modul;
- Menulis sendiri (starting from scratch)
- pengemasan kembali informasi (information repacking)
- penataan informasi (compilation)
Selain teknik menyusun modul ada juga hal yang harus diperhatikan yakni komponen-komponen apa saja yang ada dalam modul tersebut;
- Tinjauan mata pelajaran
- pendahuluan
- kegiatan belajar
- latihan
- rambu-rambu jawaban latihan
- rangkuman
- tes formatif.
- kunci jawaban tes formatif dan tindak lanjutan.
Daftar Pustaka
- Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan bahan ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
- Tian Belawati, dkk. (2003). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Pusat Penerbiatan UT.
- Sungkono, S. (2009). Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar modul dalam proses pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembalajaran, 5(1)
0 Response to "Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul"
Posting Komentar